ilmu padi ?

semakin berisi maka semakin merunduk, filosofi yang disebut dengan ilmu padi yang bermakna semakin kita memiliki sesuatu yang lebih daripada orang lain, maka sebaiknya kita semakin merendahkan hati untuk tidak angkuh dan berbangga diri secara berlebihan.

ilmu yang diketahui dan di wariskan oleh orang tua kepada anaknya, walaupun memahami dan mengerti arti dari makna ilmu tersebut, namun masih terdapat orang-orang yang tidak dapat melakukan ilmu yang memiliki paham idealisme yang tinggi tersebut, kenapa? saya sendiri tidak mengerti, jawabannya hanya di miliki oleh orang yang bisa melaksanakan idealisme tersebut, ya, mungkin saja.

saya memikirkan sesuatu yang berbeda, dan memikirkan mengapa itu bisa terjadi.

mari kita lihat, ketika padi semakin berisi dia semakin merunduk, tentu anda tahu sebabnya?, ya, itu di sebabkan padi tersebut telah tua, batangnya tidak kuat untuk tetap tegak menahan beban yang ada, dan tentu saja padi tersebut siap untuk di tebas dan di ambil manfaatnya.

jika di telaah secara harafiah, kehidupan manusia pun seperti itu, ketika masih benih dan padi tersebut masih muda, kehidupan manusia yang masih muda belum memiliki pengalaman dan beban hidup yang berat, karena itu manusia hidup untuk mengejar hasrat dan keinginan yang semakin hari semakin bertambah, sebab ia masih muda, tubuh yang kuat untuk menanggung beban, tapi bagi orang muda, beban tersebut sedikit di acuhkan sehingga bangga akan kekuatan diri sendiri dan keangkuhan karena merasa lebih dari orang lain, oleh karena itu orang muda paling sulit untuk melakukan ilmu padi tersebut.

dan pada akhirnya ketika dia semakin tua, dan telah memiliki pengalaman hidup yang cukup, serta tubuh yang tidak kuat lagi untuk menanggu beban, maka dia pun sadar, tidak ada lagi sesuatu untuk di banggakan dari dirinya, sehingga dia pun mengerti dan dapat melakukan ilmu padi tersebut, oleh kerena itu kenapa yang selalu memberikan nasehat itu orang tua, dan selalu mengatakan ilmu tersebut kepada anaknya yang masih muda.

dan pada ahirnya, hukum alam berbicara, yang tua mundur dan tersingkirkan dan pengalaman yang di peroleh di turunkan dan dimanfaatkan orang lain, oleh karena itu padi yang bersisi itu baik karena memiliki manfaat yang banyak, tapi di harus sadar hidupnya pun akan segera berakhir oleh mata sabit, hukum alam.

1 Comment:

  1. Melissa said...
    unik ...
    ga terpikir sebelumnya.

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda